Cari Blog Ini

Susu dan Makanan yang Baik untuk Penderita Rematik

Merdeka.com - Jaman dulu rematik jamak ditemukan pada tubuh mereka yang berusia tua. Namun saat ini semakin banyak saja anak muda yang terkena rematik dan asam urat. Sebenarnya tidak ada obat-obatan yang bisa menyembuhkan rematik secara total. Sebab rematik dipicu oleh makanan yang Anda konsumsi.

Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah makanan enak yang bisa membantu Anda untuk mengenyahkan rematik dari dalam tubuh.



ikan

Ikan merupakan makanan sumber asam lemak omega 3 dalam tubuh. Asam lemak sendiri berfungsi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengikis produksi enzim yang mampu menyebabkan rematik.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Diseases menyebutkan bahwa lemak ikan mampu mengurangi risiko rematik lebih dari 50% jika Anda mengonsumsi secara teratur. Beberapa jenis ikan yang tinggi akan asam lemak omega 3 adalah salmon, tuna, dan mackerel.

kedelai

Kedelai merupakan contoh makanan sehat lainnya yang mampu mencegah rematik. Selain itu makan makanan yang mengandung kedelai seperti tahu, tempe, atau susu kedelai mampu menyehatkan jantung Anda karena tinggi protein dan serat namun rendah lemak.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung dan oleocanthal, yang merupakan senyawa fenolik alami yang memiliki sifat yang mirip dengan non-steroid yaitu obat anti-inflamasi. Oleocanthal sendiri akan menurunkan produksi enzim yang menyebabkan peradangan.

Teh hijau

Teh hijau kaya akan polifenol, yang merupakan antioksidan yang mengurangi peradangan dan menghambat kerusakan tulang rawan. Penelitian menunjukkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), suatu antioksidan dalam teh hijau menghambat produksi molekul yang mengakibatkan kerusakan sendi pada orang yang menderita rheumatoid arthritis.

Produk olahan susu

Mengonsumsi produk olahan susu yang rendah lemak seperti susu, yoghurt dan keju meningkatkan kekuatan tulang karena makanan ini kaya akan kalsium dan vitamin D. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menghindarkan Anda dari rematik.

Kombinasi dari mengonsumsi makanan sehat di atas dan digabung dengan menjalankan pola hidup sehat dipercaya mampu menghindarkan Anda dari rematik. Selamat menc [feb]
pantangan rematik dan obatnya

Baca dan Cari Juga Artikel Penting ini

etiologi rematik, makanan penyebab rematik, pantangan rematik, pencegahan rematik, pengertian rematik, pengobatan rematik, penyebab rematik di usia muda, perbedaan rematik dan asam urat, rematik,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar